Saturday, January 14, 2006

Book Sale and Chicago

Image hosted by Photobucket.comSabtu, 7 januari kemarin ada book sale bulanan seperti biasa di Sequoya Public Library. Hampir tiap bulan saya ke book sale ini. Makin lama buku yang dijual semakin banyak loh. Makanya sudah beberapa bulan ini book sale-nya pindah yang tadinya di library jadi pinjam gedung disebelahnya.

Karena hampir setiap ada book sale saya datang ya saya belinya nggak banyak-banyak, beli 5 buah barang saja. Kali ini saya beli buku Family Travel dan Baby Bargain, buku soal gimana cara memilih barang-barang anak yang efektif dan hemat. Kalau barang untuk Fasha ya beli buku Barney dan video Clifford dan Thomas the tank engine. Semuanya habis $ 5.25.

Image hosted by Photobucket.comKarena sudah berkali-kali datang ke book sale jadi saya mengerti sela-selanya. Datangnya lebih baik pas jam book sale buka, yaitu jam 9 pagi. Karena disana selain ada barang yang dijual juga ada yang gratis. Buku gratis itu sebenarnya masih layak baca tapi kadang ada yang sobek ujungnya atau kadang ada yang edisi lama. Kalau sobek kan tinggal dilem saja. Yang penting masih bermanfaat lah...

Nah, kalau datang pagi kan masih kebagian buku gratisnya. Sampai bulan lalu buku-buku gratisnya masih ditaruh didekatnya kasir, jadinya nggak enak kalau mengambil banyak-banyak.

Di book sale kali ini buku-buku gratisnya lebih banyak dan ditaruh di luar gedung. Jadi saya bisa ambil banyak buku tanpa rasa nggak enak. Saya ambil 17 buku anak anak loh ! :D. Karena berat dan nggak enak sama petugas di dalam gedung, saya taruh dulu buku-buku gratis itu di mobil baru deh masuk ke gedung book salenya... ;). Akhirnya malah banyakan buku gratis daripada buku yang dibeli, hehehe....

Image hosted by Photobucket.comLalu hari senin kemarin pagi-pagi kita sekeluarga dengan mbak Fitri dan mas Fajar pergi ke Chicago. Sampai disana jam 11 pagi, langsung menuju ke tujuan utamanya yaitu Museum Park.

Disana terdapat 3 museum berdekatan yaitu Adler Planetarium, Field Museum dan Shedd Aquarium. Kita rencananya akan mengunjungi 2 museum saja, yaitu Adler Planetarium dan Field Museum, karena hari itu gratis admission fee-nya. Kalau sedang tidak ada discount day, wah.... admission feenya mahal...

Image hosted by Photobucket.comMuseum-museum disini menarik sekali, pengunjung nggak akan bosan. Disana tidak hanya memajang barang-barang saja, tapi juga ada sisi fun-nya, sehingga anak-anak tertarik.

Padahal kalau dipikir sebenarnya tujuannya ya sama dengan museum dimana-mana yaitu untuk edukasi. Apalagi dengan mendengar kata 'museum' itu sendiri sebelumnya pikiran kita sudah ke arah pameran barang-barang yang membosankan. Yah, namanya saja negara maju.

Image hosted by Photobucket.comContohnya saja untuk mengenalkan bermacam-macam galaksi, dibuat puzzle besar kelap-kelip yang kalau sudah komplit terisi beberapa saat kemudian bagian-bagian puzzlenya akan lepas sendiri sambil mengeluarkan bunyi keras," cethok...!" . Unik. Fasha senang loh main puzzle ini.... ;).

Dengan museum sebagus ini, kita jadinya tidak khawatir dengan Fasha yang akan merasa bosan. Malah sepertinya Fasha menikmati sekali jalan-jalannya :D.

Image hosted by Photobucket.comPlanetarium ini tidak hanya memajang barang-barang tapi juga menghias ruangannya supaya lebih menarik. Di dalam ruangan digantung bentuk-bentuk planet berukuran raksasa yang cantik....

Lalu kita menonton pertunjukan 3 dimensi di The Milky Way Galaxy Theater mengenai terbentuknya galaksi selama kurang lebih 10 menit. Saya sempat khawatir kalau Fasha akan takut menonton karena gambar 3 dimensi membuat gambar-gambar seperti akan jatuh mengenai kita. Tenyata Fasha bisa diam anteng dan sampai terkagum-kagum loh...:D. Good job, Fasha...!

Image hosted by Photobucket.com Kita keliling-keliling di dalam gedung selama hampir 2 jam. Benar-benar bagus... Terakhir kita ke Atwood Sphere. The oldest Chicago Planetarium. Jadi dulu sebelum ada theater-theater planetarium yang besar dan 3 dimensi, yang dipakai ya bola raksasa ini.

Kita masuk ke dalam bola raksasa melalui kereta bermuatan 6 orang lalu pelan-pelan masuk ke dalamnya. Di dalam ruangan ini membuat kita serasa berada di bawah langit luas dengan rasi-rasi bintang dilangit. Petugas menjelaskan rasi-rasi itu selama kira-kira 10 menit. Fasha seperti biasa senang. Kagum mungkin dengan kelap-kelip bintang-bintangnya.

Image hosted by Photobucket.comLalu sekitar jam setengah 2 siang kita kembali ke mobil. Seperti biasa saya kalau keluar kota pasti menyediakan bekal. Di dalam mobil sambil saya menyuapi Fasha, ayahnya makan siang juga.

Menunya ? Apalagi kalau bukan makaroni skotel :). Menu pesanan mas Dadit dan juga menu yang praktis makannya dan gampang buatnya. Saya juga bawa roti tawar isi meises buat jaga-jaga kalau makaroni skotelnya habis.

Image hosted by Photobucket.comSetelah makan siang, kita jalan kaki ke Field Museum, karena masih dalam satu komplek. Museum ini jauh lebih besar dari Planetarium. Bisa dibilang museum ini isinya seperti Museum gajah di Jakarta tapi barang-barang yang dipajang itu dari seluruh dunia. Ada dari Afrika, Jepang, Cina, Mesir, juga ada exhibit mengenai dinosaurus.

Masuk ke lobbynya terlihat patung gajah raksasa. Fasha langsung teriak sambil menunjuk-nunjuk, " gajah...gajah...!".

Image hosted by Photobucket.comExhibit favoritnya Fasha ya yang ada patung binatangnya. Mulai dari binatang semut sampai gajah, beruang, jerapah yang diawetkan, dan rangka ikan hiu yang besarnya waduh....

Binatang-binatang itu dipajang nggak cuma satu gaya berdiri saja, tapi ada juga yang bergaya lagi makan, lagi bertengkar dan ada juga yang lagi garuk-garuk kepala. Lucu....

Image hosted by Photobucket.comImage hosted by Photobucket.com

Kalau exhibit favorit saya namanya Tahiti's Market. Satu pasar dimasukkan ke dalam ruangan ini. Ada warung rokok, toko kelontong, warung makan, sampai tempat pemotongan daging. tempat ini mengingatkan saya dengan Blok M atau pasar Mayestik di jakarta, huhuhu.... Sampai ada sepeda motor yang mirip dengan motor-motor di Indonesia... :).

Image hosted by Photobucket.comTidak jauh didekat patung gajah ada rangka Sue si T Rex Dinosaur. Saya membayangkan bagaimana yah kalau dinosaurus masih ada sampai sekarang pastinya besar sekali dan bikin takut orang, hiii....

Sebenarnya kita sudah pada capek jalan-jalan, tapi mumpung sudah di Chicago dan searah dengan perjalanan pulang, kita mampir sebentar ke IKEA Schaumburg. Jam 6 sore sampai di IKEA, saya langsung beli barang-barang yang sudah dicatat dari rumah. Soalnya barang-barang disini murah-murah dan lucu-lucu, kalau tidak dicatat dulu apa yang mau dibeli nanti tau-tau belanjaannya jadi banyak, hehehe...:).

Image hosted by Photobucket.comSetelah itu makan malam di Big Bowl Schaumburg. Kalau yang ini yang lagi pingin mas Dadit, soalnya kangen dengan lettuce wrap-nya. Dulu di Madison juga ada restoran ini, tapi nggak tau kenapa ditutup ...:(.

Sampai di rumah pas jam 12 malam. Fasha sih sudah tidur di perjalanan. Capek... Kita belum sempat beres-beres barang bawaan juga langsung tidur.... :).

12 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Iiihh asiiik banget sih Hen sering jalan2x gituuu..:)

Interesan tuh musium yg ada t-rex dinonya..dulu waktu masih jamannya sekolah gw seneng pelajaran sejarah..jd kalo ada cerita tentang jaman baheula gw nikmatin banget bacanya..*kagum*.

Hepi wiken juga ya buat kalian bertiga..:)

Take care ya Hen..

Saturday, January 14, 2006 2:53:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

fasha lucu bgt sih naik motor gitu.. :D, keliatan makin imut deh..

2 jam di museum.., wah pasti keren bgt yah dalemnya.., kalo gw pasti yg lama di toko souvenirnya.. hihi..

Saturday, January 14, 2006 10:09:00 PM  
Blogger Greiche Gege said...

aduuh..aduuh..mba Heni ni bikin aku ngiler selalu hehehe..
Kyaknya kalo kita tinggal berdekatan,pasti enak diajak jalan2 terus hehehe..
BTW mau doonk buku gratisnya..:))(enak banget sih mba?)

Saturday, January 14, 2006 11:44:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

wuih lengkap kap jalan2nya ada edukasinya, fun-nya pun belanjanya...seneng ya!!

Monday, January 16, 2006 6:00:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

wah jalan2... udah kuat ya Hen? hebat deh :)

museumnya asik ya, aku juga pasti demen kalo museumnya kayak gitu. satu2nya musuem semenarik itu yg pernah aku kunjungin cuma Deutsches useum di Muenchen. top deh..

Tuesday, January 17, 2006 3:16:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

Heni seru jalan-jalannya! bagus ya museums-nya..

buku2nya juga seru amat ya, Hen.. ditempat kita yg namanya buku bhs inggris boro-boro dibagi gratis, di-sale aja nggak! hiks..

Fasha lucu amat sih di motor, imut gitu!

Friday, January 20, 2006 10:51:00 AM  
Blogger erfi said...

Seru banget jalan² di museumnya.. tp kalo isi museumnya keren begitu emang bikin betah yaa.. untung Fasha ngga rewel ya dibawa jalan² begitu..

coba kalo di jakarta juga ada museum spt di sana... *sigh*

Saturday, January 21, 2006 8:48:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

lah hen, gw baru tau kalow elo barusan oprasih...telat banged yak... maap, kmaren2 emang gag bisa jalan-jalan...

skarang udah pulih kan hen?
keknya sih udah pulih, lha wong jalan-jalan gituh... hihihiy... :D

insyaAllah sehat terus deyaaaah :)

Sunday, January 22, 2006 11:54:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Engga pa-pa, mbak heninya kan baru sembuh, so I hoop you'll be better soon....
Oke then baca2 yg laen dulu....
dag.............

Monday, January 23, 2006 6:42:00 PM  
Blogger Bunda RaRa said...

aduh..masuk blog ini..jadi ngeces..ngeces..hehehe...lam kenal mom

Tuesday, January 24, 2006 3:53:00 AM  
Blogger Lili said...

17 buku gratisan....mau dong...asyik banget yah book sale sering terus ada tambahan gratisan lagi...

kalau liat photo2nya di Chicago gak ada salju turun yah, ataw udah mencair?

Tuesday, January 24, 2006 8:50:00 AM  
Blogger abo sulaiman said...

aloo tante heni, sukurlah udah mendingan.. dan seru nya jalan-jalan. maap nih telat baels tente, iman baru aja pulang kampung he he he... baru pertama ini iman liat penyemblihan kurban di tanah air... salam untuk fasya yah tante, mau dong main bareng!

Friday, January 27, 2006 7:30:00 AM  

Post a Comment

<< Home