Wednesday, January 30, 2008

Liburan Tahun Baru 2008 ( bagian 2 )

1 Januari 2008, Underwater Adventures Aquarium MOA

Meski kemarin sudah seharian di MOA, tapi kita nggak bosan kesana lagi... Wong luas banget... masih banyak yang belum kita jelajahi.

Jam 11 pagi kita sudah tiba di Mall of America. Meski udara cukup dingin sampai 1 digit Fahrenheit, tapi sudah banyak orang disana. untuk mengunjungi Underwater Aquarium disana. Bentuknya seperti Seaworld kalau di Ancol.

Setelah beli tiket, kita langsung masuk ke ruangan yang dibuat seperti hutan dengan kolam-kolam ikan, kodok, juga ada kura-kura si Brutus yang umurnya sudah 60 tahun ! Lalu kita ke exhibit yang memajang baik ikan-ikanan atau barang yang pernah dipakai untuk pembuatan film-film Hollywood. Seperti ada jet ski yang dipakai utnuk film James Bond, juga ada si Nemo dan Dory dari film Finding Nemo.

Lalu kita masuk ke tunnel seperti di Seaworld Ancol. Bedanya, ikan-ikan disini kebanyakan dari Amerika juga, jadi nggak heran kalau ukurannya besar-besar. Contohnya ikan lele (catfish) yang kalau di Indonesia ukurannya kecil dan kurus yang biasa kita lihat dibuat pecel lele, nah... ikan lele disini gede, sekitar ukuran betis atau paha orang dewasa ! Ngeri yah.....

Setelah itu kita masuk ke kolam sentuh dan tempat bermain. Fasha takut pegang-pegang ikan, soalnya setiap disentuh sedikit saja ikannya langsung loncat, jadi bikin kaget.

Lalu setelah dari Aquarium kita makan siang di Bubba Gump Shrimp. Seperti hari sebelumnya kita sengaja cari restoran yang tidak ada di Madison. Makanannya enak.... :). Tapi ada insiden tidak menyenangkan. Pada saat saya memberi ASI untuk Nisi, tangan saya menyenggol minuman bersoda di meja dan tumpah ke bajunya Nisi dan celananya saya. Kalau Nisi langsung bisa ganti baju, tapi saya memang tidak bawa pakaian ganti , jadinya lengket nggak nyaman deh rasanya...:(.

Akibatnya, rencana kita untuk naik kereta ke downtown Minneapolis tidak terlaksana. Ya kita cuma putar-putar downtown pakai mobil, dan ternyata anak-anak ketiduran... Y sudah, jam 7-8 malam sudah kembali lagi ke hotel...

2 Januari 2008, Minnesota Children's Museum dan perjalanan ke Neenah Wisconsin

Jam 9 pagi kita sudah cek out. Hari itu rencananya kita mau ke kota Neenah, Wisconsin sekitar 6 jam dari Bloomington Minnesota. Mas Dadit mau memberikan presentasi disana. Tapi sebelumnya kita mau ke Minnesota Children's Museum di Saint Paul.

Museumnya jauh lebih besar dari Children's Museum di Madison, jadinya yang pasti exhibitnya lebih banyak.

Fasha senang sekali sampai nggak mau pulang... Yang tadinya kita mau disana cuma sampai sekitar jam makan siang jadi mundur sampai jam 4 sore !

Ada 4 tingkat tetapi yang kita kunjungi hanya 3 lantai. Lantai yang satunya dipakai untuk pertemuan. Lantai 1 itu penjualan tiket dan gift shop.

Pas kita sampai di lantai 2, Fasha langsung tertarik main di exhibit konstruksi bangunan, setelah itu ke bagian recycle. Disana Fasha membuat kertas daur ulang menggunakan alat-alat sungguhan. Dan hasil kertas yang dibuat Fasha bisa dibawa pulang.

Memang di sini lagi digalakan recycling, tetapi yang saya tidak menyangka ternyata ada satu exhibit yang mengajarkan anak-anak untuk melakukan daur ulang.

Kesempatan bagi saya sambil menunggui Fasha membuat prakarya, saya bisa menyusui Nisi. Memang disini diberi kebebasan untuk memberi ASI bagi bayi dimana saja, tidak perlu ruangan khusus, meskipun dibeberapa tempat umum juga disediakan. tapi kalaupun tidak ada nursing room juga tidak apa-apa. kebetulan saya menggunakan nursing wrap.

Salah satu exhibit favorit Fasha yaitu bubble room. Satu tempat dimana anak-anak selain bisa main bubble juga bisa main air. Ya pastinya lengan baju basah deh, hehehe....

Juga ada ruangan gelap yang menampilkan exhibit cahaya berwarna-warni. yaitu bila kita mencampurkan 2 warna atau lebih akan menghasilkan warna lain yang berbeda.

Exhibit ini menarik sekali, Fasha bisa bergaya-gaya didepan tembok yang lalu disinari sekingga membentuk bayangan berwarna-warni.

Setelah itu kita menuju ruangan lain yang menampilkan macam-macam pekerjaan, ada supir bis, pak pos, polisi hutan, penjaga toko groseri, dll. Nah, pas disini Fasha benar-benar mendalami 'akting'nya, hehehe...

Contohnya seperti menjadi pak pos, dia benar-benar memakai baju pak pos, memakai tas dan mengantungi surat, lalu Fasha keliling rumah buatan dan menaruh surat satu-persatu di kotak pos... duh... geli dan gemas rasanya..:D.

Selain itu Fasha juga berakting menjadi supir bis dan penjaga toko. Memang benar-benar seperti di dalam bis sungguhan. Dan tokonya juga komplit.

Kemudian kita menuju lantai 4 dan langsung melihat exhibit baru yaitu Sesame Street. Begitu masuk ruangannya langsung bisa merasakan seperti di studio pembuatan filmnya. Satu tempat yang menjadi favorit saya itu tanda jalan yang bertuliskan Sesame Street yang selalu ada disetiap acaranya.

Disana ada juga boneka-boneka sepeti Big Bird, Elmo, Zoe, yang berukuran seperti aslinya. Juga ada rumah-rumah kecil seperti tempat ruang praktek dokter, sarangnya Big Bird, toko groseri, taman kecil, dll.

Nggak terasa kita sampai jam jam 4 dan terpaksa makan siang sekadarnya disana. Berhubung Fasha itu nggak pernah makan sandwich dan yang ada dijual disana hanya sandwich jadi terpaksalah Fasha makan setengah-setengah...

Sebelum masuk mobil, Fasha foto-foto dulu di depan toko permen dan popcorn yang diluarnya memajang patung-patung snoopy, peanut and the gang...

Akhirnya jam 4 sore kita meninggalkan Saint Paul, Minnesota menuju Neenah Wsconsin. Perjalanan sekitar 6 jam, lebih lama 1 jam dari perkiraan, karena kita berhenti dulu makam malam di Stevens Point.

Perjalanan lancar malah cenderung sunyi, nggak banyak mobil. Sampai di Neenah jam 10 malam, kita tiba di Best Western Bridgewood Resort Hotel. Kita pergi ke Neenah ini karena mas Dadit ada presentasi tanggal 3 Januari pagi.

Sampai di hotel Nisi dan mas Dadit langsung tidur, saya menemani Fasha nonton film Rattatouille yang pada akhirnya film belum habis Fasha sudah tidur...:)

3 Januari 2008 Neenah Wisconsin - Perjalanan kembali ke Madison

Jam 7 pagi kita sarapan karena dapat complimentary breakfast, setelah itu langsung mas Dadit pergi ke tempat acaranya, sedangkan saya, Fasha dan Nisi tinggal di hotel. Sekitar jam setengah sembilan kita ke kolam renang, Fasha nggak sabar mau berenang, eh... ternyata lampu kolam renangnya lagi diperbaiki. Pas ditanya kata petugasnya sekitar sepuluh menit lagi. ya sudah kita jalan-jalan keliling hotel dulu.

Ternyata di dalam hotel ada suatu tempat seperti jalanan tua, suasana pertokoan jaman dahulu. Foto-foto sebentar disana kita lalu ke kolam renang lagi. Eh... ternyata belum selesai juga perbaikannya. Dan katanya kita harus menunggu satu jam lagi karena ada alat yang harus dibeli dulu. Duh... gimana sih...

Makanya Fasha langsung cemberut. Tanya - tanya terus kapan bisa berenang... ya saya jawab sabar dulu dong... Kasihan juga sih, wong alasan kita menginap disini kan ada small waterpark yang kita pikir pasti Fasha senang.

Ya sudah... Fasha saya ajak duduk-duduk di game room. Yah... namanya saja anak-anak ya tertarik untuk main game seperti ding-dong. Jeleknya lagi, ternyata baru saja masukkan uang receh, ternyata gamenya rusak ! Kok nggak ditulisin sih kalau rusak... Waduh... mana punyanya cuma 2 koin lagi.. :(

Terus jam 10 balik ke kolam lagi dan si bapak teknisi baru saja selesai, asyik... sudah bisa berenang...:)

Di kolam renang itu ada small waterslide, ada springklers, ada waterslide yang puter-puter, ada juga kolam untuk dewasa dan whirlpool.

Yang berenang ya Fasha saja. Repotlah kalau saya dan Nisi ikutan juga. Saya cukup jadi juru foto, hehehe....

Jam 11 kita kembali ke kamar, Fasha langsung mandi dan makan siang. Karena kecapekan Fasha langsung tidur. Mas Dadit baru kembali jam 1 siang, kita langsung cek out untuk kembali ke Madison.

Perjalanan 2 jam dan selama itu Nisi tidur, jadi kita bisa jalan terus tanpa berhenti untuk beri ASI.Jam setengah 4 sore sampai Madison... alhamdulillah, perjalanan liburan lancar, Nisi sehat dan tidak rewel, Fasha senang, jadinya saya dan Mas Dadit juga senang...:).

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Alhamdulillah...akhirnya mendengar kabar lagi dgn apdetan barunya.

Nisi udah besar juga yah.

De baru nyapih Fayra nih. Jumlah giginya udah 12, sering gigitin. Lagian Fayra udah 17 bulan, ASInya juga udah mulai dikit.