Saturday, April 01, 2006

Bahagianya.....

Jangan kaget ya kalau postingan kali ini ceritanya agak-agak kurang sopan ;). Tapi kemajuan Fasha yang satu ini perlu saya tulis. Alhamdulillah...:D. Seminggu ini saya benar-benar bahagia dan bangga sekali sama Fasha ... Sehari setelah saya update postingan yang kemarin itu Fasha benar-benar sudah bisa potty and poop ( maaf ) training sendiri...:D. Syukurlah... nggak sia-sia berbulan-bulan mengajari Fasha potty training akhirnya tanggal 26 Maret kemarin ini Fasha benar-benar sudah bisa potty dan poop training sendiri berarti usia 2 tahun 8 bulan. Ini sekalian untuk catatan saya.

Bagi saya Fasha bisa potty dan poop sendiri itu merupakan 'big leap' untuknya. Kalau untuk pipis, sehari-hari di rumah saya pakaikan underwear.Fasha kalau merasa ingin pipis langsung bilang pipis dan masuk ke kamar mandi sendiri, cuma untuk clean-up-nya meski bisa sendiri ya tetap masih saya bantu... takut kurang bersih.

Lalu kalau pergi-pergi ya masih pakai pull-up training pants. Ya sama juga kalau Fasha terasa pipis langsung bilang pipis dan minta diantar ke restroom. Senangnya lagi, Fasha bisa menahan pipis jadi kalau restroomnya cukup jauh, Fasha bisa tahan nggak ngompol di pull up-nya.

Untuk tidur siang, dulu sewaktu dilatih bobok siang nggak pakai diaper ya sering ngompol di tempat tidur, hehehe... Tapi sekarang sudah bisa bobok siang pakai underwear saja (dengan dilapisi celana rumah tentunya). Lalu kalau Fasha terasa pingin pipis, Fasha pasti terbangun lalu minta pipis sendiri :).

Kalau malam hari sih masih saya pakaikan diaper, bukannya Fasha masih ngompol loh... Ini buat preventif saja, meski tiap bangun pagi saya cek diapernya ya tetap kering. Soalnya sebelum tidur saya minta supaya pipis dulu dan bangun pagi langsung ke kamar mandi.

Untuk BABnya sekarang Fasha sudah bisa BAB di adult toilet seat. Padahal sudah saya siapkan alat potty training yang covernya bisa dilepas dan dipasang ke toilet seat kita tapi Fasha nggak suka. Jadinya ya Fasha kalau BAB tinggal duduk seperti orang dewasa.

Saya kalau soal BAB langsung minta sendiri di kamar mandi ini agak-agak heran deh. Soalnya Fasha dulunya kalau mau BAB sukanya mojok di sudut ruang tamu. Meski dulu untuk pipis sudah belajar di kamar mandi tapi kok kalau untuk BAB masih maunya mojok di ruang tamu ???

Tiba-tiba pagi-pagi habis mandi sebelum pakai handuk Fasha bilang mau e** dan minta sendiri duduk di toilet seat. Eh... nggak perlu lama-lama nunggunya jadi juga, hehehe..... Sekarang tiap hari Fasha pasti kalau mau BAB sudah di kamar mandi :).

Lumayanlah sekarang pengeluaran kita untuk diaper bisa berkurang ;). Paling cuma tinggal beli pull-up untuk pergi-pergi dan kalau malam saja. Tapi pelan-pelan nanti saya coba Fasha kalau pergi dan malam hari untuk pakai underwear deh.... Senang ya mengikuti kemajuan anak... ada rasa gimanaaaa... gitu...:). Bahagia, bangga dan terharu jadi satu :).

Segitu dulu ya cerita soal potty trainingnya. Ntar pusing deh bacanya kalau kebanyakan, hehehe.... Satu lagi yang membuat saya senang akhir-akhir ini yaitu Fasha sekarang sudah bisa naik sepeda roda tiga sendiri loh...:).

Image hosting by PhotobucketImage hosting by Photobucket

Namanya saja spring season... Disini kalau ada sinar matahari sedikit saya orang-orang sudah lansung keluar rumah. Mereka kebanyakan naik sepeda atau main di park. Sebenarnya sejak fall tahun lalu Fasha sudah punya sepeda roda tiga itu. Tapi kakinya masih belum pas. Pedal sepedanya masih kejauhan.

Sejak seminggu lalu udara sudah mulai hangat saya ajak Fasha naik sepedanya. Hari pertama belajar naik sepeda Fasha kerjanya kesal terus... wong namanya juga baru belajar ya Fasha meski sudah bisa mengayuh sepeda tapi belum fasih membelokkan sepeda jadinya sepedanya jalannya lurus terus. Kalau didepannya ada tembok ya ditabrak, hehehe.... Tangannya masih tegang kalau disuruh belok-belok....

Tapi hari kedua sudah benar-benar lancar... Kita jalan-jalan keliling Eagle Heights, Fasha naik sepeda saya jalan cepat disampingnya. Sekalian olahraga nih... ;). Rutenya lumayan jauh juga loh. Apalagi di jalan-jalan ketemu anak-anak yang naik sepeda juga :). Tambah seru deh...:D

Image hosting by PhotobucketSekarang kesenangannya Fasha bertambah. bukannya mainan loh, tapi 'coloring' alias mewarnai. Tiap pulang sekolah saya selalu bawa hasil coret-coretnya Fasha ya saya pikir apa salahnya kalau Fasha dibelikan crayon untuk coret-coret dirumah. Untungnya Fasha punya meja belajar kecil sejak satu tahun lalu tapi dulu Fasha masih ogah-ogahan pakainya.

Tidak perlu diminta Fasha langsung bilang mau coloring dan duduk sendiri di kursi kecilnya dan mulai deh coret-coret...:). Kalau kertasnya habis Fasha tinggal lari ke ayahnya yang lagi sibuk di komputer dan minta kertas. Kertasnya juga kertas bekas print-print-an ayahnya yang tinggal dibalik saja, sayang kalau dibuang kan .... :). Masih bisa dimanfaatkan untuk coretan Fasha... :D.

Image hosting by PhotobucketOh ya, terakhir mau pasang fotonya Fasha dan mas Dadit lagi asyik berdua di depan komputer. Kesannya lagi serius banget.... ;).

Sekalian mau kasih info kalau mulai tanggal 2 April jam 2 a.m. disini mengalami Daylight Saving Time, jadi selisih dengan Jakarta menjadi 12 jam bukannya 13 jam seperti Standard Time kemarin-kemarin ini.

14 Comments:

Blogger Greiche Gege said...

Aaaa..Fasha sama dong kek tante Gege waktu masih kecil..kalo pupup sukanya mojok hihihi..
Mba Heni, bagi kiat2 toilet trainingnya dong..maksudku apa yg harus aku lakukan gitu...Plis yah? Tq..
Trus, jerawatnya nun jauh didalem sana nih mba..udah dikasih antibiotik dan eardrops..rada kapok berenang nih sekarang huhuhu...

Sunday, April 02, 2006 10:25:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

woaaaaah fasha pinter deeeeeh... alhamdulillah skarang udah bisa poop sendiri yah :)

Sunday, April 02, 2006 7:16:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

alhamdulillaah.. pintarnya! Naila juga ga mau pake alas toilet tambahan itu. maunya malah jongkok di toilet orang dewasa. ya emang alas toilet jadi agak kotor kena kaki, tapi gapapa deh, yang penting dia mau poop di toilet.

jadi inget, aku waktu kecil (duh malu nih ceritanya), kalo mau pipis cari karpet. bukannya ke kamar mandi, malah lari ke karpet ruang tamu dan pipis di situ :D

Monday, April 03, 2006 4:31:00 AM  
Blogger Rahmi Sukma said...

Fashaaaa.... bonceng duuunk! *eit ga ada boncengan yak?* Keren banget tuh pake helm.

Alhamdulillah Fasha pinterrrr. Haura juga dah mau poop di toilet. Sama juga ga mau pake alas, sok dah besar niiih...

Monday, April 03, 2006 6:04:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

T.O.B deh fasha.. pottynya udah sukses..

fasha helm kuningnya ok tuh.. match sm sepedanya.. :D

si dylan jg demen tuh hen mewarnai.. tp yg diwarnai seluruh kertas.. sampe gambar dibukunya ga keliatan lagi.. hihi..

Monday, April 03, 2006 11:41:00 PM  
Blogger Lili said...

siip deh, Fasha sudah besar dan pintar.

Berarti udah gak mojok2 lagi kan..he.he...

Monday, April 03, 2006 11:42:00 PM  
Blogger ris-SAN-iel said...

wah hebat lho fasha udah potty training...emang bener, lega banget udah ngga usah nyetok diaper

Tuesday, April 04, 2006 12:44:00 PM  
Blogger erfi said...

Two thumbs up utk Fasha yang udah lulus potty trainingnya dg nilai A+ :).

Wah sekarang jg dah jago sepeda roda 3 lagi. Benar² udah banyak kemajuan dan perkembangan Fasha ya Hen.

Tuesday, April 04, 2006 10:22:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Heni ... selamat yach Fasha udah bisa potty! Jempol2! :D
Seblon dia bisa poop di potty kan elo bilang dia udah bisa pipis di potty. Itu berapa kali accident sampe Fasha bisa ngomong mo pipis?

Wednesday, April 05, 2006 1:55:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

hajimemaste?nama saya yutaka.kenalan ya...

Thursday, April 06, 2006 3:38:00 AM  
Blogger liza said...

selamet mba heni, fasha udah bisa pup sendiri, semoga tambah pinter yah.. salam dari Iman. :)

Saturday, April 08, 2006 12:08:00 PM  
Blogger Lia said...

wah selamat! Emang kemajuan2 anak teh membuat kita gimanaaa gitu serasa nambah poin demi poin ya!

Saturday, April 08, 2006 4:46:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Well done!
[url=http://lsvprbsk.com/lrul/uete.html]My homepage[/url] | [url=http://uyznchnk.com/snev/vtqs.html]Cool site[/url]

Tuesday, November 14, 2006 1:28:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Well done!
http://lsvprbsk.com/lrul/uete.html | http://pciawfxh.com/efzy/qufe.html

Tuesday, November 14, 2006 1:28:00 PM  

Post a Comment

<< Home