Monday, April 10, 2006

Diet...oh...diet...

Mungkin banyak wanita yang malu cerita soal berat badannya. Tapi kalau sukses dalam program dietnya ya apa salahnya sharing pengalaman, betul nggak...:). Saya tinggal di Amerika ini sejak Mei 2004, jadi hampir 2 tahun. Dulu sewaktu datang berat badan saya kalau di poundkan masih berlebih 14 pound dari berat sebelum hamil. Memang selama hamil berat badan nambah 18 kg / 40 pound dan sampai di Amrik masih ada sisa sekitar14 pound itu.

Mungkin juga karena saya baru saja berhenti menyusui jadi badannya masih melar, hehehe.... Gizi anak nomor satu deh, urusan menguruskan badan belakangan saja setelah menyusuinya berhenti.

Lalu tau dong yang namanya baru saja ketemu suami yang sudah pisah 9 bulan ( mas Dadit ke Amerika pas Fasha usia 3 minggu ) dan berumah-rumah sendiri ya pastinya mau memberikan yang terbaik untuk suami. Suami minta dibuatkan makanan apa saja ya sebisa mungkin dipenuhi.

Alhasil... voila... berat badan saya nambah lagi 11 pound ! Nih gimana sih... BB yang dulu saja belum turun eh... malah sekarang tambah... Jadi total tambah BBnya sekitar 25 pound dari BB sebelum hamil ! Ealah... Makanya sejak summer tahun lalu saya coba usaha untuk menurunkan BB.

Awalnya saya coba untuk jogging. Tapi ternyata nggak berhasil. Habis gimana mau berhasil... Jogging di panas-panas terik meski joggingnya pagi tapi disini sudah panas ( nggak mampu sewa gym sih, hihihi..) ya pulang-pulang capek, minum yang banyak dan lapar deh...

Akhirnya makan lagi.... Lalu saya ingat sebelum ke Amerika saya sempat beli buku Food Combining karangan Andang Gunawan dari Gramedia. Pelan-pelan saya coba caranya tapi kok ternyata kalau mau mengikuti pakemnya yang betul itu berat. Food combining itu awalnya harus detoks dulu sedikitnya 3 hari dengan cara hanya minum jus saja yang bervariasi. Hari pertama saya tahan hanya dengan jus. Hari kedua mulai lemas. ya sudah akhirnya saya menyerah....

Lalu saya coba cari jalan diet dengan metode seperti food combining tetapi dimodifikasi sendiri dengan berbekal caranya si food combining yaitu kalau makan itu perbandingan porsinya hanya boleh karbohidrat : sayur = 1:3 atau daging-dagingan : sayur =1 : 3. Terus terang saya kurang suka makan sayur dengan nasi, jadinya lebih banyak saya pakai yang sayur : daging = 3:1 itu.

Lalu karbohidratnya saya dapat dari cemilan sehat seperti makan tahu isi buatan sendiri yang pakai tepung itu loh, jadinya Insya Allah tidak kekurangan sumber karbohidrat. Atau kalau memang ingin nasi ya makan beras merah yang banyak sumber serat.

Jadi contoh yang saya makan seperti ini. Pagi minum susu kedelai 1 gelas, lalu sekitar jam 10-an makan buah seperti apel, melon, dll tergantung yang ada. Lalu siangnya makan salad dengan daging turkey, lalu malamnya ya kalau tidak bosan dengan makanan siang ya sama menunya. Kalau bosan ya buat pecel atau gado-gado dengan telur. Sebisa mungkin sayurannya dibuat bervariasi supaya tidak bosan. Pokoknya kalau tidak terpaksa ya tidak makan nasi. Tapi saya diet juga nggak diforsir sekali. Kalau ada acara makan diluar atau makan diundang orang makannya seperti biasa tapi porsi nasinya dikurangi atau kadang di skip saja.

Lalu saya niatkan untuk turunnya per 5 pound dulu. Jadi kalau sudah dipikiran mau turun sekitar 25 pound bisa-bisa jadi stress karena kok harus turun banyak sekali. Awalnya sudah turun 5 pound saja sudah seneng banget loh. Lalu usaha dietnya ditambah 5 pound lagi, begitu seterusnya sampai terakhir itu turun sekitar 15 pound ! Padahal goalnya 25 pound. Tetapi turun 15 pound dalam waktu 2 bulanan itu sudah bagus lho menurut saya ...

Lalu sekarang saya coba lagi untuk turun 10 pound hingga benar-benar sampai ke BB sebelum hamil dan sekarang baru turun 3 pound dalam waktu 5 hari. InsyaAllah dalam sebulan ini bisa turun seperti BB dulu deh...:). Tanggung kan... kurang 7 pound lagi..

Keuntungan BBnya turun ya badannya tambah enteng, lalu baju kebaya sewaktu acara pernikahan lalu sudah cukup lagi...:D. Dan beberapa celana sebelum hamil yang saya bawa sewaktu pindah kesini sekarang sudah muat lagi. Sayangnya karena BB turun, baju-baju dan sweater yang beli disini banyak yang kebesaran deh... Wah... mesti beli baju lagi nih... :D.

InsyaAllah kalau sudah diniatkan dietnya nggak terasa berat kok. Malahan sekarang kalau makan banyak sedikit saja rasanya sudah penuh perutnya.

Oh ya, ada beberapa teman yang menanyakan bagaimana cara melatih potty trainingnya Fasha seperti cerita postingan yang kemarin. Sekalian saja saya jawab disini ya...

Awalnya sejak umur 18 bulan Fasha saya latih pipis tiap 2 jam sekali ke kamar mandi tapi masih on and off, jarang-jarang, hanya untuk memberi tahu kalau pipis itu seperti ini caranya. Dan lagi Fasha masih suka nggak mau kalau diajak ke kamar mandi buat pipis.

Lalu sejak umur 2 tahunan sudah mulai saya pakaikan celana dalam plastik. Contohnya punyanya Gerber. Celana dalam ini 2 lapis yang dalam itu kain dengan bahan menyerap lalu luarnya ada lapisan plastiknya, Baru setelah itu pakai celana biasa. Ini dilakukan hanya di rumah saja. Meski pakai celana lapis plastik tetapi tetap saja masih netes-netes kalau pipisnya banyak, hehehe... Tapi menurut saya ini bagus untuk melatih buat Fasha tahu kalau rasanya basah itu bagimana.

Lama-lama kok saya merasa nggak ada kemajuan karena mungkin Fasha merasa celana dalam + plastik itu tetap tebel sama seperti diaper jadinya sulit untuk belajar tau rasanya ingin pipis. Lalu sejak awal tahun ini saya beli celana dalam toddler. Jadi untuk di rumah Fasha sudah pakai underwear plus celana biasa seperti orang dewasa. Seperti biasa saya ajarkan setiap 2 jam untuk pipis ke kamar mandi, tapi seringnya kecelakaan, namanya tidak ada pengaman celana plastik ya basahnya langsung ke karpet.... ups...

Saya lalu memberitahu Fasha," kalau Fasha sudah merasa mau pipis tapi pipisnya tidak di kamar mandi jadinya seperti ini, celana dan karpet basah semua, kalau begini kan Fasha juga yang risih... ". Lalu makin hari makin sering kejadian 'pipis di karpet', makin lama Fasha sudah tahu rasanya pipis tapi tidak keburu ke kamar mandi jadi di tengah perjalanan ke kamar mandi keluar pipisnya deh...:).

Meski begitu itu sudah merupakan kemajuan, dan setiap kali Fasha berhasil pipis di kamar mandi saya beri pujian supaya senang dan bangga sehingga akan mengulangi lagi menjadi lebih baik.

Sekalian saya sering pinjam buku mengenai potty training di library baik untuk referensi saya maupun buku potty training untuk Fasha dengan gambar yang lucu-lucu. Salah satu buku yang menurut saya bagus itu berjudul : Pee, Poop and potty training, karangan Alison Mackonochie. Bahkan saya juga sempat pinjam beberapa DVD potty training yang menarik gambarnya untuk anak-anak. Alhasil Fasha makin tertarik untuk belajar potty training paling tidak makin mau diajak pipis ke kamar mandi.

Jadi kira-kira sekitar 2 bulanan akhirnya Fasha sudah tahu rasanya mau pipis dan langsung ke kamar mandi sendiri.

24 Comments:

Blogger Michael, Ryan , Emily's Mommy said...

Salam kenal Hen, kayaknya aku sudah sering deh mampir disini tapi mungkin baru sekali ini nulis comment, baca tentang pooty trainingnya bikin aku tertarik buat ngikuti, soalnya anakku seumur dengan Fasha, dan sampai sekarang susah banget ngajarin dia ke toilet,malah adiknya yang kecil udah bisa , begitu ditaruh ditoilet pasti pipis dan kadang poopoo malahan.
Dulu Michael kecil aku malas banget sih ngajarin..makanya nyesal sekarang, tapi liat cara Heni ngajarin Fasha aku mau coba juga deh.

Monday, April 10, 2006 7:45:00 AM  
Blogger Lili said...

acung jempol utk keberhasilan Diet-nya.
Aku jg gak diet pas menyusui Fawwaz sampai selesai menyusui baru deh.
Tapi gak diet2 amat, aku justru malah giat olah raga dan Alhamdulillah ada hasilnya juga..he.he..

Kalau ada niat pasti deh ada jalan...setuju deh

Monday, April 10, 2006 11:05:00 AM  
Blogger ris-SAN-iel said...

wah Hen, selamat yaaa..bener2 hebat loh bisa turun banyak selama winter ini? aku malah naik kl winter...susah banget utk turun..., jadi pingin nih nyoba nih..ada trick2 khusus ngga? asal sayur dan daging aja yah? 1:3?

Monday, April 10, 2006 10:02:00 PM  
Blogger House of Covenant said...

wah selamat yah mbak, hebat..hebat.. akyu dari dulu gag pernah berhasil diet ;(

shendy

Monday, April 10, 2006 11:55:00 PM  
Blogger jengnadnet & isya-ayya said...

aloo tantee..
we're baaaackk hihi
makaish yaa dah dateng lagi..

seneng deh dateng2 kesini
eh dapet berita tante dietnya berhasil

plok plok plok..

(hen, ada fotonya dong ah, before and after hehe)

btw..kirain itu gambar Fasha lg potty training ;-))

muahh
/nadia

Tuesday, April 11, 2006 1:30:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

hebat bisa diet Hen.. aku walopun 'cuma' selisih 5 kg sama kondisi sebelum hamil, tetep aja ga bisa2 turun. males kali ya...

Tuesday, April 11, 2006 2:43:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

hebat bisa diet Hen.. aku walopun 'cuma' selisih 5 kg sama kondisi sebelum hamil, tetep aja ga bisa2 turun. males kali ya...

Tuesday, April 11, 2006 2:43:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

3 bulan setelah Rafa lahir, de ikut body language. alhamdulillah dengan latihan rutin 3x seminggu, dalam waktu 3 bulan berat badan de udah balik lagi seperti semula. Padahal makannya tetap banyak banget loh. Kan ibu menyusui porsi makannya lebih banyak. Dan de memberi Rafa ASI ekslusif selama 6 bulan.

Beberapa bulan lalu masguh general checkup. Ketauan kalo kolesterolnya tinggi. Dia mengurangi nasi dalam tiap porsi makannya. Pola makan mah tetap 3x sehari. Dalam waktu 2 bulan bisa juga turun 7kg.

kalo skrg de lagi ngejar naik berat badan nih. Masih ada 5 bulan lagi utk naik 10kg sesuai anjuran dokter. Gimana yah supaya berat badan cepat naik?

Tuesday, April 11, 2006 2:43:00 AM  
Blogger Bunda said...

Wih selamat deh hen berhasil menurunkan BB, diriku kemarin dah sempat kembali normal seperti sebelum hamil, eh sekarang naik lagi deh, hehehehe

Btw, makasih ya...hen ucapan birthday n' doanya buat gana.

Tuesday, April 11, 2006 3:56:00 AM  
Blogger Greiche Gege said...

Mba Heni muah..muaaahhh
makasih ya postingan yang ini bener2 berguna buat aku dan zebby hihihi
mau diikutin deh dietnya itu..jadi semangat 45..
trus tentang toilet trainingnya segera dicubain deh mba..
btw, ditunggu postingan yang lain tentang kesehatan ya mba?..

Tuesday, April 11, 2006 10:08:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

Wow .. hebat hebat dietnya sukses!!! Pengen juga bisa diet ... tapi ah susahnya untuk nahan makan ..hihihi

Tuesday, April 11, 2006 2:51:00 PM  
Blogger Rahmi Sukma said...

Emang bener ya Hen, klo niat pasti deh bisa menurunkan berat badan. Aku naik berat badan malah setelah brenti menyusui Haura (umur 1 thn 3 bulan). Pengenya sih Asi terus sampe 2tahun tapi ASInya dah kering sendiri dan Haura dah ga mau lagi. Mungin berat badanku naik karena makan banyak kek menyusui tapi ga banyak gerak *kurang olah raga*

Sekarang aku masih kelebihan 4 kg dari normal sebelum hamil. Hi...hi... Baru menurunkan sekilo dari sebulan yll. Aku hanya lebih rajin olah raga sama Diet ala golongan darah. He...he...

Wednesday, April 12, 2006 8:25:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

selamat ya tante,dah berhasil diet :> ibu yuta juga dah turun 12 kg loh sejak melahirkan.diet alaminya dengan menyusui n banyak makan sayur2an...wah tante jadi tambah caem donk he222...oya yuta juga lagi belajar Toilet Training.. alhamdulillah now klo BAB n BAK dah di kamar mandi..ok,fasha kita sama2 belajar TT ya...gambatte!!!kata wong jepun artinya semangat :>

Wednesday, April 12, 2006 4:38:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

iya nih hen...gue juga jadi nggak bisa diet deh, abis kan masih nursing...walhasil kalo berat badan gue turun, gw diomel2in ma swami......

Friday, April 14, 2006 12:28:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

waahhh hebad banget Hen. Emang sepertinya niat haru benar² kuat utk sukses ngurusin badan.

Gw dulu pernah nyoba tuh Food Combining tp gatot alias gagal total. Susah banget kalo kita bekerja, abis kan ngga pengen ketinggalan makan siang bareng ama teman² dipinggiran :P.

Awalnya sih sempat bawa bekal dari rumah tp itu cuma tahan seminggu. Ngga tahan sama godaan makanan pinggiran, blm lagi bingung milih menu sayurannya. Kok rasanya pilihannya dikit banget. Ngga spt daging.

Skrg msh berharap utk bisa ngembaliin BB sblm hamil dulu, walo ngga tau gimana caranya hehehe..

Friday, April 14, 2006 6:11:00 AM  
Blogger Yulia said...

Waduh tante udah turun banyak yak? :)
Gw juga turun Hen..5 kg, lumayan dah padahal diet rotinya gak berhasil..ini turun krn sibuk aja..sok tauuuu..wakakakak..

Sorry ya lama gak mampir ;)

Fasha dah pinter dunk dah bisa poop mandiri..ixixixix..kok mandiri sih..:)

Salam buat semua ya Hen..take care :)

Monday, April 17, 2006 12:13:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Aduuhhh....saya juga mo nih diet, badan udah melar kemana2.... tapi susah ya menahan godaan dari makanan enak :(( kayaknya niat utk diet harus lebih kuat lagi kali ya....

Monday, April 17, 2006 6:36:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

hihi.. gw sih udah dapet bocoran duluan dr heni tentang potty trainingnya di telp wkt itu..
tp emang blm dijalanin sih.., msh santai2 dulu.. :D

btw, mumpung udara udah mulai bgs bisa mulai jogging lagi tuh hen..
gw kalo ga pake olahraga jd lama bgt nurunin bb nya..

Tuesday, April 18, 2006 12:11:00 AM  
Blogger Akoe said...

Tante Heni thank you dah singgah di rumah akoe...mama juga jadi termotivasi lho diet lagi pas baca tulisan tante...habisnya gagal terus...buku food combining udah di lahap tapi tak berhasil...atau pake tesep tante yah....ok selamat pulang kampung deh....Lama juga yah 3 bulanan....

Wednesday, April 19, 2006 2:56:00 AM  
Anonymous Anonymous said...

Selamat malam =D ibu heni (karena saat saya menulis ini sekitar pukul 19.00 wib

ibu Heni yang cantik saya Widuri dari tabloid Mom & kiddie. Saya sedang memegang rubrik MOM (Diet & Fitnes) dan untuk edisi ini saya akan mengangkat tema diet dengan beras merah.
Ketika saya membaca blog ibu Heni. Saya sangat tertarik dengan diet mengkonsumsi beras merah yang ibu heni gunakan.
Saya ingin sekali mengajak ibu berbagi cerita di tabloid MK. jika ibu mengijinkan kemana saya dapat menghubungi ibu Heni untuk diwawancarai?

email saya upay_chaka@yahoo.com

Terimakasih ibu sebelumnya =D

Thursday, November 15, 2007 5:46:00 AM  
Blogger SweetThings said...

dear bu Heni... saya tertarik sekali dengan kisah keberhasilan Anda training potty/toilet thd anak Anda, pertanyaan saya,dimana saya bisa mendapatkan referensi buku-buku yang mbak pakai untuk membantu toilet training dan video2 seperti apa ya mba yang bisa efektif? thanks before

Monday, April 01, 2013 10:44:00 PM  
Blogger RUTH INDRIANNA TK said...

Haiiii teman SMA ku... Ga sengaja buka Blog kamu mau cari tau tentang FC. Eh pas baca ada tulisan Fasha, Madison waahh langsung liat writernya, beneran kamu ternyata. Walau postinganmu sdh lama tapi infonya good banget. Salam dari Banjarmasin

Thursday, July 19, 2018 8:45:00 PM  
Anonymous diet said...

setuju sekali mbak, kalau memang berhasil program diet nya maka wajib di share, biar yang lain jadi tahu, siapa tahu bisa bermanfaat.

Saturday, March 16, 2019 9:30:00 PM  
Anonymous stimuno said...

selamat mbak, berhasil telah menjalankan diet, dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan. sekarang kalau sembarang diet bisa malah berbahaya bagi tubuh, dan mbak syukurnya menemukan metode yang aman.

Saturday, March 16, 2019 9:33:00 PM  

Post a Comment

<< Home